Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya

Droid Fams | Laptop lemot merupakan hal yang lumrah terjadi ketika usia si laptop memang sudah memasuki usia senja, namun laptop juga masih bisa kencang dan tidak lemot asal perawatannya terjaga.

Tetapi kok bisa laptop baru tapi udah ngos-ngosan menjalanin suatu program, sangat mengherankan bukan?


Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya
https://droidfams.blogspot.com

Apa Penyebab Laptop Lemot?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop lemot, tak ada salahnya jika kita membahas terlebih dahulu penyebab laptop lemot yang biasa ditemui. Mungkin saja salah satu penyebab berikut ini juga ditemukan pada laptop anda. 

  • Kinerja perangkat terlalu berat karena banyaknya aplikasi yang berjalan dan otomatis aktif saat laptop dinyalakan. 
  • Hard disk yang digunakan pada laptop tersebut sudah terlalu tua, sehingga proses read and write menjadi lebih lama.
  • Kapasitas hard disk yang digunakan sudah penuh sehingga kinerjanya menjadi berat.
  • Usia laptop sudah tua.
  • Bagian dalam laptop jarang dibersihkan. 
  • Adanya program berat yang menyebabkan processor tidak kuat.
Praktis Itulah enam sebab laptop menjadi lemot. Jika merasa laptop Anda lemot, alangkah baiknya sebelum mencari cara mengatasi laptop lemot, kenali terlebih dahulu penyebab laptop tersebut menjadi lemot, dengan demikian Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan tepat.


Lalu bagaimana cara mengatasi laptop lemot?

Untuk mengatasi masalah laptop yang lemot, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Hapus aplikasi yang tidak berguna

Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya


Aplikasi yang terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu penyebab kinerja dari laptop menurun dan laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi laptop yang lemot bisa dengan menghapus aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Aplikasi yang kita instal biasanya akan secara otomatis tersimpan di drive C. jika drive tersebut penuh, maka akan mengurangi performa dari laptop tersebut.

Cara menghapus aplikasi/program di laptop berbeda dengan digadget, cara di laptop mungkin sedikit ribet dan lumanyan nguras waktu.

Untuk menghapusnya anda bisa pergi ke Setting>control panel>programs>uninstal and features.




2. Gunakan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop

Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya


Penting sekali untuk mengetahui spesifikasi dari laptop yang kita gunakan. Sebab dengan demikian, kita jadi lebih memahami aplikasi mana yang cocok untuk laptop tersebut dan aplikasi apa saja yang sebaiknya jangan di instal pada laptop tersebut.

Aplikasi yang terinstal di laptop sebaiknya sesuai dengan spesifikasi dari laptop tersebut. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi laptop lemot, karena aplikasi yang spesifikasinya tidak sama atau lebih besar dari spesifikasi laptop, biasa membuat laptop menjadi lemot.

Jika Anda memang sangat membutuhkan aplikasi tersebut, namun spesifikasi tidak sesuai dengan laptop yang anda gunakan, solusinya Anda bisa mencari aplikasi serupa yang spesifikasinya lebih rendah. Dengan demikian, kinerja laptop Anda menjadi tidak terganggu.


3. Ganti SSD dan Tambah RAM

Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya
https://winpoin.com/update-ram-atau-ssd-mending-pilih-mana/

Menambah RAM sangat penting untuk meningkatkan performa laptop anda. RAM di laptop sangat penting untuk menjalankan aplikasi agar lebih powerfull.

Begitu juga dengan mengupgrade storage dari HDD ke SSD. Untuk jaman sekarang memakai HDD di laptop sudah sangat tidak worth it lagi, dikarenakan kemampuan baca data HDD sangatlah lambat yang berujung lemotnya laptop anda.


4. Hapus cache/berkas sampah

Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya

Dengan banyaknya aplikasi/program yang kita buka maka secara otomatis meninggalkan cache/berkas sampah, setahu saya untuk cache ini tidak bisa terhapus otomatis oleh sistem ataupun terhapus saat kita merestart ulang laptop.

Bayangkan anda sudah menggunakan laptop sejak 2-3 tahun yang lalu, sudah berapa banyakkah file sampah ini?

File sampah ini akan terus ada dan akan semakin menumpuk, cara satu-satunya hanya dengan menghapusnya secara manual. Jadi bagaimanakah cara menghapus file sampah secara manual, bisa diiukti cara berikut ini.

  • Ketik dan buka " %temp% " di menu "search" biasanya ada di taskbar
  • Pencet "Ctrl+A" lalu klik kanan dan delete
  • Balik ke Home, buka Recycle Bin
  • Pencet "Ctrl+A" lalu klik kanan dan delete

Begitulah cara mengatasi laptop lemot menurut saya, bila anda ada saran untuk mengatasi lemot di laptop dengan cara anda sendiri jangan lupa share di komentar ya.



1 komentar untuk "Laptop semakin lama semakin lemot? ini dia cara mengatasinya"